UFC 249: Justin Gaethje Berhasil Mengalahkan Tony Ferguson

UFC 249: Justin Gaethje Berhasil Mengalahkan Tony Ferguson

Justin Gaethje berhasil membungkam media yang di prediksi tidak mampu untuk mengalahkan Tony Ferguson dalam perebutan sabuk interim kelas ringan UFC. Justin berhasil mengalahkan Ferguson lewat TKO dalam ronde kelima duel UFC 249 di VyStar Veterans Memorial Arena, Jacksonville pada waktu 9-mei-2020 atau lebih tepatnya pada hari minggu.

Setelah pertarungan tersebut berakhir, jika dilihat dari jadwal maka Justin akan berhadapan dengan sang juara UFC yaitu Khabib Nurmagomedov. Sedangkan di sisi lain, kekalahan yang diterima oleh Ferguson ini merupakan kekalahan yang kedua kalinya dimana ia juga pernah merasakan kekalahan pertama kali pada bulan mei 2012.

Sedikit Ulasan Pertarungan Antara Justin Gaethje Melawan Tony Ferguson

Saya akan memberikan ulasan mengenai sekilas dari pertarungan UFC antara Justin berhadapan dengan Ferguson ini. Pada ronde pertama kedua petarung saling memberikan pukulan, namun dari setiap pukulan yang berlangsung hanya Justin yang lebih unggul dalam melakukan pukulan. Namun sayangnya setiap pukulan yang dilakukan belum cukup untuk menjatuhkan Ferguson dan pertarungan pun berlanjut sampai dengan ronde kedua.

Lanjut ronde kedua, untuk babak kali ini Ferguson berhasil membuat Justin jatuh terkapar dilantai, namun sayangnya nasib baik / keberuntungan masih berpihak kepada Justin dimana dirinya jatuh disaat akhir ronde kedua dan bel pun berbunyi sehingga pertarungan ini masih diteruskan sampai dengan ronde ketiga.

Karena di ronde kedua Tony sudah cukup unggul sehingga dirinya lebih bermain aman dengan mempertahankan momentum karena sudah mendominasi dari Justin. Karena secara poin Justin masih jauh tertinggal dengan Tony maka dirinya sering melakukan inisiatif pada ronde keempat dan juga ronde kelima.

Puncak dari kedua pertarungan ini adalah ada di ronde kelima, dimana Justin Gaethje berhasil mengalahkan Tony Ferguson dengan status kemenangan TKO. Sehingga wasit harus menghentikan pertarungan dan langsung memberikan pertolongan kepada petarung Ferguson.

Setelah pertandingan tersebut telah usai, Justin memberikan pernyataan bahwa dirinya ingin bertarung melawang juara bertahan UFC yaitu Khabib. Dan dirinya sudah tidak sabar menunggu kesempatan itu tiba dan melihat siapa yang menjadi juara baru dalam gelaran UFC ini.

Baca Juga: LeBron James Tidak Ingin Kompetisi Dihentikan

Rencana awal UFC 249 akan digelar pada tanggal 18 april lalu untuk memperebutkan sabuk juara kelas ringan, namun karena pandemi COVID-19 ini maka presiden UFC Dana White memberikan perintah bahwa pertarungan harus di undur dan akhirnya pada tanggal 9 mei 2020 pertarungan ini bisa dilanjutkan kembali dan Justin Gaethje yang berhasil merebut sabuk tersebut.

Ada cerita menarik sebelum pertandingan ini berlangsung, dimana yang menjadi lawan dari Tony Ferguson adalah Nurmagomedov. Namun karena Nurmagomedov tidak bisa hadir ke Amerika untuk menyelesaikan pertarungan karena kebijakan dari pemerintah yang memberlakukan lockdown atau tidak membolehkan setiap masyarakatnya untuk melakukan berpergian sehingga dirinya tidak bisa mengikuti pertarungan tersebut dan akhirnya diganti dengan petarung Justin Gaethje.

Cerita menarik lainnya adalah Justin Gaethje sudah mempunyai perkiraan bahwa dirinya akan menang dalam pertarungan ini dan dirinya hanya membutuhkan dua ronde untuk menjatuhkan Tony Ferguson atau biasa yang dikenal dengan El Cucuy.

Dan ternyata benar saja, bahwa Justin berhasil menjadi juara, tetapi sedikit melenceng dari apa yang sudah di prediksi dimana dirinya cukup percaya diri bisa menang dalam dua ronde namun ternyata Justin harus bertarung sampai dengan ronde kelima untuk bisa memukul KO Tony Ferguson.

Eka Gondolan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read also x