Balapan F1 GP Di Hungaria Digelar Tanpa Penonton

Balapan F1 GP Di Hungaria Digelar Tanpa Penonton

Kabar gembira untuk kalian yang menyukai balapan formula 1 (F1) GP, karena balapan F1 di Hungaria akan tetap berlangsung tanpa kehadiran dari penonton di tribun. Balapan ini akan berlangsung pada bulan Agustus 2020 mendatang, pihak panita memberikan pernyataan bahwa balapan F1 akan tetap dilanjutkan dan selama pandemi COVID-19 ini masih ada maka terpaksa balapan di gelar tanpa ada kehadiran penonton. Dan sebaiknya demi kesehatan dan keselamatan bersama para penonton dianjurkan untuk menonton dari rumah karena balapan ini tetap di siarkan di setiap stasiun telivisi yang sudah membeli hak siar F1.

Selain itu, pihak dari pemerintah Hungaria juga memperpanjang larangan aktivitas masyarakatnya diluar rumah sampai dengan tanggal 15 Agustus. Sementara untuk gelaran F1 akan berlangsung pada tanggal 2 Agustus dan pihak pemerintah setempat pun memberikan izin untuk acara balapan tersebut tetap digelar namun dengan catatan formula 1 digelar tanpa penonton. Karena penyebaran virus corona yang masih berlangsung sehingga pemerintah memberi himbauan bahwa tidak ada satu pun orang yang boleh menonton langsung balapan tersebut.

Pihak Formula 1 juga memberi respon baik kepada kebijakan yang diberikan oleh pemerintah Hungaria dan menghormati segala keputusan yang sudah di tetapkan. “Kami menyelenggarakan balapan ini secara tertutup (tanpa penonton) dan ini merupakan salah satu cara terbaik jika dibandingkan dengan balapan ini tidak bisa terus berlangsung. Lagipula para penonton masih bisa menyaksikan balapan ini melalui telivisi sehingga tidak perlu datang langsung ke Hungaroring”. Kata pihak penyelenggara F1.

Kurang lebih akan ada 500 orang yang akan berkumpul didalam hungaroring yaitu pihak crew, pembalap dan juga wartawan untuk meliput hasil dari balapan tersebut. Dari sekian banyak nya orang tersebut tentu akan dilakukan cek medis terlebih dahulu dan diusahakan tidak perlu melakukan hubungan kontak fisik untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Jika tidak ada tim medis yang melakukan pengecekan suhu tubuh dan kesehatan setiap orang yang ikut mendukung gelaran F1 ini maka pihak pemerintah akan mengambil keputusan bahwa balapan F1 akan di undur sampai dengan akhir bulan agustus.

F1 mempunyai rencana untuk memulai musim balapan 2020 lewat sirkuit Austria di Red Bull Ring pada tanggal 3-5 Juli, setelah itu akan kembali di lanjutkan di GP Inggris di Silvertone. Sudah diputuskan bahwa kedua balapan tersebut akan tetap di buka tanpa adanya kehadiran dari para penonton.

Pihak dari penyelenggara F1 belum memberikan informasi terbaru mengenai kalender balapan yang akan berlangsung dimana saja. Karena ada beberapa negara yang memberikan larangan untuk menghentikan acara yang memicu berkumpulnya banyak orang. Dan ada juga beberapa negara yang masih memberlakukan lockdown sehingga bandara benar-benar tidak berfungsi kecuali untuk kepentingan medis.

Dari jumlah 22 rencana balapan pada musim 2020 ini sudah ada 3 negara yaitu Prancis, Australia dan Monako yang membatalkan untuk membuka acara balapan F1 ini terus berlangsung. Sementara itu untuk negara lainnya seperti Tiongkok, Belanda, Kanada, Bahrain, Azerbaijan dan juga Vietnam masih dalam status tunda dan masih belum ada status kepastian apakah balapan ini masih bisa berlangsung atau memiliki nasib yang sama seperti 3 negara sebelumnya yaitu tidak mendapatkan izin dari pemerintah setempat untuk melanjutkan balapan F1 ini.

Lihat Juga: 75 Tahun Rekor MotoGP Belanda Rusak Karena Covid-19

Kabarnya untuk keputusan lebih lanjut mengenai negara mana yang memberikan kepastian yang bisa melanjutkan balapan dan membatalkannya akan diberi kabar paling lambat sampai dengan akhir bulan mei 2020.

Eka Gondolan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read also x